Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal


Selama kita hidup sesungguhnya tidak ada istilah terlambat atau berhenti belajar. Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah untuk memahami hal yang belum kita pahami. Belajar tidak hanya menuntut ilmu secara formal di sekolah saja, lebih penting lagi belajar dari sekolah kehidupan yaitu belajar dari pengalaman/kegagalan di masa lalu, belajar dari keberhasilan orang lain, belajar untuk menerima kelebihan dan kekurangan orang lain dan seterusnya, terlebih
lagi belajar untuk sabar dan mengerti.

Belajar membaca Al quran misalnya, jangan cuman membaca saja sambil lalu atau asal saja, tetapi galilah isi dari Al quran itu sedalam-dalamnya hingga kita beroleh pengertian dan memahami apa yang menjadi kehendak Tuhan. Setelah kita mengetahui apa sebenarnya yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita, kita perlu menyiapkan diri, dan persiapan itulah yang dinamakan belajar.

Dan perlu digaris bawahi adalah: Seberapa banyak waktu yang kita luangkan untuk belajar, meneliti dan merenungkan kebenaran Al quran, sebanyak itu pula hikmat pengetahuan dan kebaikan yang akan kembali kepada kita. Bila kita hanya menyediakan sedikit waktu atau hanya sekilas saja kita belajar tentang Al quran, maka hikmat pengertian dan kebaikan yang kita peroleh pun juga hanya sedikit.

Kita tidak hanya diperintahkan untuk membaca Al quran saja,  tetapi kita harus merenungkan firman itu siang dan malam. Jadi janganlah kita sekedar membaca dan mendengarkan bacaan Al quran saja tetapi renungkanlah..!

Belajar dan senantiasa merenungkan bacaan Al quran adalah kunci meraih keberhasilan!

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.